Belajar UI/UX Menggunakan Tools Editor Grafis Berbasis Cloud: Figma

5 months ago

Pengertian, Sejarah, Fitur, Keunggulan, dan Rekomendasi Channel Belajar UI/UX

Halo Sobat IT!

Diantara para sobat-sobat ini, pasti ada yang hobi atau bakatnya itu pada bidang edit bukan?? Entah itu edit poster, edit power point presentasi, dan edit desain-desain lainnya. 

Mungkin kebanyakan dari kalian ini menggunakan tools editor grafis seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Adobe Illustrator, dan lain sebagainya. Sobat IT tau gak sih, kalo ada editor grafis yang berbasis cloud??

Jadi,tools editor grafis berbasis cloud merupakan tools yang memungkinkan pengguna untuk dapat membuat, mengedit, dan berbagi desain secara kolaboratif melalui internet. 

Yuk mari kita bahas bersama-sama dalam artikel berikut!

Pengertian dan Sejarah Figma

Figma adalah sebuah perangkat lunak desain grafis berbasis web yang digunakan untuk membuat desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX). 

Perangkat lunak ini dirancang untuk memungkinkan kolaborasi tim secara real-time dalam proses desain, serta memfasilitasi pembuatan prototipe interaktif yang dapat diuji langsung dari perangkat lunak tersebut.

Figma didirikan oleh Dylan Field dan Evan Wallace pada tahun 2012. Mereka meluncurkan versi beta pertama platform pada tahun 2015. 

Salah satu fitur utama yang membedakan Figma dari perangkat lunak desain lainnya adalah kemampuannya untuk beroperasi sepenuhnya di web browser, ini memungkinkan kolaborasi tim secara real-time tanpa batasan perangkat keras atau sistem operasi.

Sejak diluncurkan, Figma telah berkembang menjadi salah satu alat desain terkemuka di industri, digunakan oleh berbagai macam perusahaan dan desainer di seluruh dunia. 

Figma terus mengalami pengembangan dan peningkatan fitur untuk memenuhi kebutuhan desainer modern.


Fitur-fitur

  1. Desain Berbasis Cloud

Figma berbasis web, yang berarti desain disimpan dan diakses di cloud secara real-time. Ini memungkinkan kolaborasi tim secara langsung, tanpa perlu menyimpan atau mengirim file secara manual

  1. Real-time Collaboration

Fitur kolaborasi Figma memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja secara bersamaan pada proyek yang sama. Perubahan yang dilakukan oleh satu pengguna akan langsung terlihat oleh yang lainnya

  1. Prototyping

Figma memungkinkan desainer membuat prototipe interaktif untuk pengujian pengguna. Desainer dapat membuat tautan antar frame untuk menavigasi antar halaman, menambahkan animasi, dan menguji interaksi pengguna

  1. Library dan Komponen

Desainer dapat membuat komponen yang dapat digunakan ulang, seperti tombol, ikon, atau elemen UI lainnya, dan menyimpannya dalam perpustakaan. Ini memungkinkan konsistensi desain di seluruh proyek dan mempercepat proses desain

  1. Plugin

Figma mendukung plugin, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsionalitas tambahan sesuai kebutuhan. Terdapat berbagai macam plugin yang tersedia untuk meningkatkan produktivitas dan memperluas kemampuan desain

  1. Kompatibilitas

Figma mendukung impor dan ekspor berbagai format file desain, termasuk Sketch, Adobe XD, dan Adobe Illustrator. Ini memudahkan kolaborasi antara platform dan migrasi proyek dari perangkat lunak desain lainnya.


Keunggulan

  1. Berkolaborasi secara real-time
    Seperti pada materi sebelumnya, figma menyediakan fitur kolaborasi bersama tim dengan cara mengajak atau mengundang editor. Dengan fitur ini kamu dapat menyelesaikan proyek lebih cepat, mudah, dan transparan.


Selain itu, kamu juga dapat melihat berbagai pengeditan yang dilakukan pada masing-masing tim karena semua terekam pada fitur history.

  1. Tidak perlu install karena berbasis cloud

Keunggulan figma berikutnya adalah berbasis cloud storage, sehingga kamu tidak perlu melakukan instalasi pada PC. Selain itu, file dan berbagai project desain juga akan tersimpan pada server figma, bukan pada komputer lokal kamu.


Hal tersebut juga membuat kamu lebih mudah dalam sharing file. Cukup salin link di mana desain kamu dibuat, dan rekan kamu sudah bisa langsung mengaksesnya asalkan tersambung ke internet.

  1. Membuat banyak page dalam satu file
    Keunggulan lain figma adalah ketika kita mendesain dalam satu file figma, kita dapat membuat banyak page dengan bermacam-macam size sesuai dengan yang kita inginkan, sehingga memudahkan kita dalam mendesain banyak tanpa perlu berganti-ganti page.


    Rekomendasi Channel Youtube Belajar UI/UX

    Berikut rekomendasi channel youtube berbahasa Indonesia, untuk sobat IT belajar UI/UX secara gratis.


    1. Mas KukuhAldy

    Di channel ini sobat IT dapat belajar mengenai UI/UX Design secara gratis, dan dalam channel ini terdapat beberapa playlist UI/UX, yaitu:

    1. Ecourse UI/UX design

    Pada playlist ini terdapat trik UI/UX design mulai dari membuat sketsa, optimalisasi desain dengan komponen dan plugin figma, cara membuat layout menggunakan figma, best practice UI/UX design, dan solusi interaktif yang tepat bagi pengguna.


    2. Julid design

    Playlist yang berisi video seputar review design aplikasi dan web yang direquest oleh subscribernya.

     

    3. Tutorial figma design

    Bagi kamu yang ingin belajar figma, pas banget di playlist ini kamu bisa mencari tutorial dari awal menggunakan figma, membuat prototype, proses desain, animasi, typography, plugin figma, serta komponen lainnya.

     

    4. Freelance designer

    Kamu tertarik ingin menjadi freelance yang hanya bekerja dari rumah? Pas banget, di playlist kali ini membahas seputar freelance designer mulai dari membuat dan mereview portofolio, cara presentasi, dan cara mendapat pekerjaan.

     

    5. Tutorial desain logo

    Klien kamu minta file Adobe Illustrator tapi kamu pengguna Corel Draw? Di playlist ini terdapat tutorial convert Coreldraw ke Adobe Illustrator dan juga tips desain logo diterima graphicriver.

     

    6. Tutorial 99design

    Pasti seorang desainer udah gak asing dengan platform 99design yang merupakan platform freelancer untuk menghubungkan desainer grafis dan klien. Di playlist ini, terdapat tutorial bagaimana cara menjadi platinum/ top level designer di 99design, cara memenangkan kontesnya, serta ada tutorial bagaimana cara mengupload di kontes web design.

     

    7. Tutorial Adobe XD

    Kamu yang ingin belajar menggunakan Adobe XD, bisa tonton playlist yang satu ini. Dari belajar dasar untuk pemula, tutorial membuat desain, cara convert file,dan tutorial membuat komponen lainnya.

     

    8. Tutorial UI/UX design

    Tutorial UI/UX design lengkap ada di playlist ini. Mulai dari tips typography, spacing, membuat desain web dan mobile app.


    Link youtube: www.youtube.com/@MasKukuhAldy


    1. Creative Academy Indonesia

    Tidak kalah menarik dari rekomendasi sebelumnya, channel ini juga merupakan platform dari berbagai pembelajaran yang juga membahas mengenai UI/UX.

    Berikut, playlist yang cocok untuk kamu belajar UI/UX design versi channel Creative Academy Indonesia:


    1. UI dan UX Design

    Rekomendasi playlist ini dapat kamu gunakan untuk jadi sarana belajar UI/UX design. Kamu bisa belajar mengenai membuat website e-commerce, customer journey, user flow, wireframe menggunakan Adobe XD, prototype, dan membuat style guide.

     

    2. Tips & Trick Design

    Playlist selanjutnya yaitu tips & trick design. Disini kamu dapat mempelajari software apa saja yang UI/UX Design wajib tau, ada juga cara membuat sertifikasi otomatis dengan figma, membuat prototype animation & interaction untuk pemula, serta tips mempercepat proses mendesain UI.

     

    3. Series Web property UI & Code Developments

    Di playlist ini kamu akan mempelajari cara membuat website company profile mulai dari membuat brief dan komponen UI seperti search, fitur, contact, navigasi bar, service, carousel, contact form, serta responsive scrolling.

    Link youtube: www.youtube.com/@CreativeAcademyId


    Itu dia sobat IT pembahasan mengenai Pengertian, Sejarah, Fitur, Keunggulan, dan Rekomendasi Channel untuk pembelajaran UI/UX.


    Semoga untuk kalian nih para sobat IT, yang ingin menempuh karir UI/UX kedepannya bisa mendapatkan insight baru dan bisa makin jago dong! Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.